فى تعظيم العلم
وأهله
FASAL IV
MENGAGUNGKAN
ILMU DAN AHLI ILMU
A.
Mengagungkan ilmu
اعلم
أن طالب العلم لا ينال العلم ولا ينتفع به إلا بتعظيم العلم وأهله، وتعظيم الأستاذ
وتوقيره.
Penting
diketahui, Seorang pelajar tidak akan memperoleh
kesuksesan ilmu dan tidak pula ilmunya dapat bermanfaat, selain jika mau
mengagungkan ilmu itu sendiri, ahli ilmu, dan menghormati keagungan gurunya.
قيل:
ما وصل من وصل إلا بالحرمة، وما سقط من سقط إلا بترك الحرمة. وقيل: الحرمة خير من الطاعة، ألا
ترى أن الإنسان لا يكفر بالمعصية، وإنما يكفر باستخفافها، وبترك الحرمة. ومن تعظيم
العلم تعظيم الأستاذ
Ada dikatakan : “Dapatnya
orang mencapai sesuatu hanya karena mengagungkan sesuatu itu, dan gagalnya pula
karena tidak mau mengagungkannya. “Tidaklah anda telah tahu, manusia tidak
menjadi kafir karena maksiatnya, tapi jadi kafir lantaran tidak mengagungkan
Allah.
B. Mengagungkan Guru
قال
على رضى الله عنه: أنا عبد من علمنى حرفا واحدا، إن شاء باع، وإن شاء استرق.
Termasuk arti mengagungkan
ilmu, yaitu menghormati pada sang guru. Ali ra berkata: “Sayalah menjadi hamba
sahaya orang yang telah mengajariku satu huruf. Terserah padanya, saya mau
dijual, di merdekakan ataupun tetap menjadi hambanya.”
وقد أنشدت
فى ذلك:
رأيت أحق
الحق حق المعلم وأوجـبه حفظا على
كل مسلم
لقد حق أن
يهدى إليه كرامة لتعليم حرف واحد ألف درهم
فإن من علمك
حرفا واحدا مما تحتاج إليه فى الدين فهو أبوك فى الدين.
Dalam masalah ini saya
kemukakan Syi’irnya:
Keyakinanku tentang haq guru, hak paling hak adalah
itu
Paling wajib di pelihara, oleh muslim seluruhnya
demi memulyakan, hadiah
berhak di haturkan
seharga dirham seribu, tuk
mengajar huruf yang Satu
Memang benar, orang yang
mengajarmu satu huruf ilmu yang diperlukan dalam urusan agamamu, adalah bapak
dalam kehidupan agamamu.
وكان
أستاذنا الشيخ الإمام سديد الدين الشيرازى يقول: قال مشايخنا: من أراد أن يكون
ابنه عالما ينبغى أن يراعى الغرباء من الفقهاء، ويكرمهم ويطعمهم ويطيعهم شيئا، وإن
لم يكن ابنه عالما يكون حفيده عالما.
Guru kita Syaikhul Imam
Sadiduddin Asy-Syairaziy berkata : Guru-guru kami berucap : “bagi orang yang
ingin putranya alim, hendaklah suka memelihara, memulyakan, mengagungkan, dan
menghaturkan hadiah kepada kaum ahli agama yang tengah dalam pengembaraan
ilmiyahnya. Kalau toh ternyata bukan putranya yang alim, maka cucunyalah
nanti.”
ومن
توقير المعلم أن لايمشى أمامه، ولا يجلس مكانه، ولا يبتدئ بالكلام عنده إلا بإذنه،
ولا يكثر الكلام عنده، ولا يسأل شيئا عند ملالته ويراعى الوقت، ولا يدق الباب بل
يصبر حتى يخرج الأستاذ.
Termasuk arti menghormati
guru, yaitu jangan berjalan di depannya, duduk di tempatnya, memulai mengajak
bicara kecuali atas perkenan darinya, berbicara macam-macam darinya, dan menanyakan
hal-hal yang membosankannya, cukuplah dengan sabar menanti diluar hingga ia
sendiri yang keluar dari rumah.
فالحاصل:
أنه يطلب رضاه، ويجتنب سخطه، ويمتثل أمره فى غير معصية لله تعالى، فإنه لا طاعة
للمخلوق فى معصية الخالق كما قال النبى صلى الله عليه وسلم: إن شر الناس من يذهب
دينه لدنيا بمعصية الخالق. ومن توقيره: توقير أولاده ومن
يتعلق به.
Pada pokoknya, adalah
melakukan hal-hal yang membuatnya rela, menjauhkan amarahnya dan menjungjung
tinggi perintahnya yang tidak bertentangan dengan agama, sebab orang tidak
boleh taat kepada makhluk dalam melakukan perbuatan durhak kepada Allah Maha
Pencipta. Termasuk arti menghormati guru pula, yaitu menghormati putera dan
semua oarang yang bersangkut paut dengannya.
وكان
أستاذنا شيخ الإسلام برهان الدين صاحب الهداية رحمة الله عليه حكى: أن واحدا من أكابر الأئمة
بخارى كان يجلس مجلس الدرس، وكان يقوم فى خلال الدرس أحيانا فسألوا عنه, فقال: إن
ابن أستاذى يلعب مع الصبيان فى السكة، ويجيئ أحيانا إلى باب المسجد، فإذا رأيته
أقوم له تعظيما لأستاذى.
Di sini Guru kita Syaikhul
Islam Burhanuiddin Shahibul Hidayah pernah bercerita bahwa ada seorang imam
besar di Bochara, pada suatu ketika sedang asyiknya di tenmgah majlis belajar
ia sering berdiri lalu duduk kembali. Setelah ditanyai kenapa demikian, lalu
jawabnya : ada seorang putra guruku yang sedang main-main dihalaman rumah
dengan teman-temannya, bila saya melihatnya sayapun berdiri demi menghormati
guruku.
والقاضى
الإمام فخر الدين الأرسابندى كان رئيس الأئمة فى مرو وكان السلطان يحترمه غاية
الاحترام وكان يقول: إنما وجدت بهذا المنصب بخدمة الأستاذ فإنى كنت أخدم الأستاذ
القاضى الإمام أبا زيد الدبوسى وكنت أخدمه وأطبخ طعامه [ثلاثين سنة] ولا آكل منه
شيئا.
Qodli Imam Fakhruddin
Al-Arsyabandiy yang menjabat kepala para imam di marwa lagi pula sangat di
hormati sultan itu berkata : “Saya bisa menduduki derajat ini, hanyalah berkah
saya menghormati guruku. Saya menjadi tukang masak makanan beliau, yaitu beliau
Abi Yazid Ad-Dabbusiy, sedang kami tidak turut memakannya.”
وكان
الشيخ الإمام الأجل شمس الأئمة الحلوانى رحمة الله عليه قد خرج من بخارى وسكن فى
بعض القرى أياما لحادثة وقعت له وقد زاره تلاميذه غير الشيخ الإمام شمس الأئمة
القاضى بكر بن محمد الزرنجرى رحمه الله تعالى، فقال له حين لقيه: لماذا لم تزرنى؟
قال: كنت مشغولا بخدمة الولادة. قال: ترزق العمر، لاترزق رونق الدرس، وكان كذلك،
فإنه كان يسكن فى أكثر أوقاته فى القرى ولم ينتظم له الدرس
Syaikhul Imamil Ajall
Syaikhul Aimmah Al-Khulwaniy, karena suatu peristiwa yang menimpa dirinya, maka
berpindah untuk beberapa lama, dari Bochara kesuatu pedesaan. Semua muridnya
berziarah kesana kecuali satu orang saja, yaitu syaikhul imam Al-qadli Abu
Bakar Az-Zarnujiy. Setelah suatu saat bisa bertemu, beliau bertanya: “kenapa
engkau tidak menjengukku? Jawabnya : “Maaf tuan, saya sibuk merawat ibuku”
beliau berkata: “Engkau dianugrahi panjang usia, tetapi tidak mndapat anugrah
buah manis belajar.” Lalu kenyataanya seperti itu, hingga sebagian banyak waktu
Az-Zarnujiy digunakan tinggal di pedesaan yang membuatnya kesulitan belajar.
فمن تأذى
منه أستاذه يحرم بركة العلم ولا ينتفع بالعلم إلا قليلا.
إن الـمـعلم
والطـبيب كـلاهـما! لا ينصحـان إذا هـما لم يكــرما فاصبر لدائك إن جفوت طبيبه! واقنع بجهلك
إن جفوت معلما
Barang siapa melukai hati
sang gurunya, berkah ilmunya tertutup dan hanya sedikit kemamfaatannya.
Sungguh, dokter dan guru
Tak akan memberi nasehat,
bila tak di hormat
terimalah penyakitmu, bila kau acuh doktermu
dan terimalah bodohmu, bila kau tentang sang guru
حكى
أن الخليفة هارون راشيد بعث ابنه إلى الأصمعى ليعلمه العلم والأدب فرآه يوما يتوضأ
ويغسل رجله، وابن الخليفة يصب الماء على رجله، فعاتب الأصمعى فى ذلك بقوله: إنما
بعثت إليك لتعلمه وتؤدبه فلماذا لم تأمره بأن يصب الماء بإحدى يديه، ويغسل بالأخرى
رجلك؟
Suatu hikayat : Khalifah
Harun Ar-Rasyid mengirim putranya kepada Al-Ashma’iy agar diajar ilmu dan adab.
Pada suatu hari, Khalifah melihat Al-Ashma’iy berwudlu dan membasuh sendiri
kakinya, sedang putra khalifah cukup menuang air pada kaki tersebut. Maka,
Khalifahpun menegur dan ujarnya : “Putraku saya kirim kemari agar engkau ajar
dan didik; tapi mengapa tidak kau perintahkan agar satu tangannya menuang air
dan tangan satunya lagi membasuh kakimu?”
C.
Memulyakan Kitab
ومن
تعظيم العلم: تعظيم الكتاب، فينبغى لطالب العلم أن لا يأخذ الكتاب إلا
بطهارة. وحكىعن الشيخ شمس الأئمة الحلوانى رحمه الله تعالى
أنه قال: إنما
نلت هذا العلم بالتعظيم، فإنى ما أخذت الكاغد إلا بطهارة. والشيخ الإمام شمس
الأئمة السرخسى كان مبطونا فى ليلة، وكان يكرر، وتوضأ فى تلك الليلة سبع عشرة مرة
لأنه كان لا يكرر إلا بالطهارة، وهذا لأن العلم نور والوضوء نور فيزداد نور العلم
به.
Termasuk arti mengagungkan
ilmu, yaitu memulyakan kitab, karena itu, sebaiknya pelajar jika mengambil
kitabnya itu selalu dalam keadaan suci. Hikayat, bahwa Syaikhul islam Syamsul
Aimmah Al-Khulwaniy pernah berkata : “Hanya saya dapati ilmu ilmuku ini adalah
dengan mengagungkan. Sungguh, saya mengambil kertas belajarku selalu dalam
keadaan suci.
Syaikhul Imam Syamsul
Aimmah As-sarkhasiy pada suatu malam mengulang kembali pelajaran-pelajarnnya
yang terdahulu, kebetulan terkena sakit perut. Jadi sering kentut. Untuk itu ia
melakukan 17 kali berwudlu dalam satu malam tersebut, karena mempertahankan
supaya belajar dalam keadaan suci. Demikianlah sebab ilmu itu cahaya, wudlupun
cahaya. Dan cahaya ilmu akan semakin cemerlang bila di barengi cahaya berwudlu.
ومن
التعظيم الواجب للعالم أن لا يمد الرجل إلى الكتاب ويضع كتاب التفسير فوق سائر الكتب
تعظيما ولا يضع شيئا آخر على الكتاب.
Termasuk memulykan yang
harus dilakukan, hendaknya jangan membentangkan kaki kearah kitab. Kitab tafsir
letaknya diatas kitab-kitab lain, dan jangan sampai menaruh sesuatu diatas
kitab.
وكان
أستاذنا الشيخ برهان الدين رحمه الله تعالى يحكى عن شيخ من المشايخ: أن فقيها كان
وضع المحبرة على الكتاب، فقال له بالفارسية: برنيايى
Guru kita Burhanuddin
pernah membawakan cerita dri seorang ulama yang mengtakan ada seoranag ahli
fikih meletakan botol tinta di atas kitab. Ulama itu sraya berkata : “Tidak
bermanfaat ilmumu.
وكان
أستاذنا القاضى الإمام الأجل فخر الدين المعروف بقاضى خان رحمه الله تعالى يقول:
إن يرد بذلك الاستخفاف فلا بأس بذلك والأولى أن يحترز عنه.
Guru kita Qodli Fakhrul
Islam yang termasyur dengan Qodli Khan pernah berkata: “Kalau yang demikian itu
tidak dimaksud meremehkan, maka tidak mengapalah. Namun lebih baiknya
disingkiri saja.”
ومن
التعظيم: أن يجود كتابة الكتاب ولا يقرمط ويترك الحاشية إى عند الضرورة.
ورأى
أبو حنيفة رحمه الله تعالى كتابا يقرمط فى الكتابة فقال: لا تقرمط خطك، إن عشت
تندم وإن مت تشتم. يعنى إذا شخت وضعف نور بصرك ندمت على ذلك.
وحكى
عن الشيخ الإمام مجد الدين الصرخكى، حكى أنه قال: ما قرمطنا ندمنا، وما انتخبنا
ندمنا، وما لم نقابل ندمنا
Termasuk pula arti
mengagungkan, hendak menulis kitab sebaik mungkin. Jangan kabur, jangan pula
membuat catatan penyela/penjelas yang membuat tulisan kitab tidak jelas lagi,
kecuali terpaksa harus dibuat begitu. Abu hanifah pernah mengetahui seorang
yang tidak jelas tulisannya, lalu ujarnya: “Jangan kau bikin tulisanmu tidak
jelas, sedang kau kalau ada umur panjang akan hidup menyesal, dan jika mati
akan dimaki.” Maksudnya, jika kau semakin tua dan matamua rabun, akan menyesali
perbuatanmua sendiri itu. Diceritakan dari Syaikhul Imam Majduddin
Ash-Shorhakiy pernah berkata: “Kami menyesal;I tulisan yang tidak jelas,
catatan kami yang pilih-pilih dan pengetahuan yang tidak kami bandingkan dengan
kitab lain.”
وينبغى
أن يكون تقطيع الكتاب مربعا، فإنه تقطيع أبى حنيفة رحمه الله تعالى، وهو أيسر على
الرفع والوضع والمطالعة
Sebaiknya format kitab itu
persegi empat, sebagaimana format itu pulalah kitab-kitab Abu Hanifah. Dengan
format tersebut, akan lebih memudahkan jika dibawa, diletakkan dan di muthalaah
kembali.
وينبغى
أن لا يكون فى الكتابة شيئ من الحمرة، فإنه من صنيع الفلاسفة لا صنيع السلف، ومن
مشايخنا كرهوا استعمال المركب الأحمر.
Sebaiknya pula jangan ada
warna merah didalam kitab, karena hal itu perbuatan kaum filsafat bukan ulama
salaf. Lebih dari itu ada diantara guru-guru kita yang tidak suka memakai
kendaraan yang berwarna merah.
Menghormati Teman
ومن
تعظيم العلم: تعظيم الشركاء [فى طلب العلم والدرس] ومن يتعلم منه. والتملق مذموم إلا فى طلب
العلم. فإنه ينبغى أن يتملق لأستاذه وشركائه ليستفيد منهم
Termasuk makna mengagungkan
ilmu pula, yaitu menghormati teman belajar dan guru pengajar. Bercumbu rayu itu
tidak dibenarkan, selain dalam menuntut ilmu. Malah sebaliknya di sini bercumbu
rayu degnan guru dan teman sebangku pelajarannya.
D.
Sikap Selalu Hormat
Dan Khidmah
وينبغى
لطالب العلم أن يستمع العلم والحكمة بالتعظيم والحرمة، وإن سمع مسألة واحدة أو
حكمة واحدة ألف مرة. وقيل:
من لم يكن تعظيمه بعد ألف مرة كتعظيمه فى أول مرة فليس بأهل العلم.
Hendaknya penuntut ilmu
memperhatikan segala ilmu dan hikmah atas dasar selalu mengagungkan dan
menghormati, sekalipun masalah yang itu-itu saja telah ia dengar seribu kali.
Adalah dikatakan : “Barang siapa yang telah mengagungkannya setelah lebih dari
1000 kali tidak sebagaimana pada pertama kalinya, ia tidak termasuk ahli ilmu.”
E.
Jangan Memilih Ilmu
Sendiri
وينبغى
لطالب العلم أن لا يختار نوع العلم بنفسه، بل يفوض أمره إلى الأستاذ، فإن الأستاذ
قد حصل له التجارب فى ذلك، فكان أعرف بما ينبغى لكل واحد وما يليق بطبيعته.
Hendaklah sang murid jangan
menentukan pilihan sendiri terhadap ilmu yang akan dipelajari. Hal itu
dipersilahkan sang guru untuk menentukannya, karena dialah yang telah
berkali-kali melakukan percobaan serta dia pula yang mengetahui ilmu yang
sebaiknya diajarkan kepada seseorang dan sesuai dengan tabiatnya.
وكان
الشيخ الإمام الأجل الأستاذ برهان الحق والدين رحمه الله تعالى يقول:
كان
طلبة العلم فى الزمان الأول يفوضون أمرهم فى التعلم إلى اساتذهم، وكانوا يصلون إلى
مقصودهم ومرادهم، والآن يختارون بأنفسهم، فلا يحصل مقصودهم من العلم والفقه.
Syaikhul Imam Agung Ustadz
Burhanul Haq Waddin ra. Berkata: “Para siswa dimasa dahulu dengan suka rela
menyerahkan sepenuhnya urusan-urusan belajar kepada gurunya, ternyata mereka
peroleh sukses apa yang di idamkan; tetapi sekarang pada menentukan pilihan
sendiri, akhirnyapun gagal cita-citanya dan tidak bisa mendapatkan ilmu dan
fihq.”
وكان
يحكى أن محمد بن إسماعيل البخارى رحمه الله تعالى كان بدأ بكتابة الصلاة على محمد
بن الحسن رحمه الله، فقال له محمد بن الحسن: إذهب وتعلم علم الحديث، لما روى أن
ذلك العلم أليق بطبعه، فطلب علم الحديث فصار فيه مقدما على جميع أئمة الحديث
Hikayat orang, bahwa
Muhammad bin Ismail Al-Bukhariy pada mulanya adalah belajar shalat kepada
Muhammad Ibnul Hasan. Lalu sang guru ini memerintahkan kepadanya : “Pergilah
belajar ilmu hadist! “setelah mengetahui justru ilmu inilah yang lebih sesuai
untuk Bukhariy. Akhirnya pun ia belajar hadist hingga menjadi imam hadist
paling terkemuka.
F.
Jangan Duduk Terlalu
Dekat Dengan Guru
وينبغى
لطالب العلم أن لايجلس قريبا من الأستاذ عند السبق بغير ضرورة، بل ينبغى أن يكون
بينه وبين الأستاذ قدر القوس فإنه أقرب إلى التعظيم.
Diwaktu belajar, hendaklah
jangan duduk terlalu mendekati gurunya, selain bila terpaksa. Duduklah sejauh
antar busur panah. Karena dengan begitu, akan terlihat mengagungkan sang guru.
G.
Menyingkiri Akhlak
Tercela
وينبغى
لطالب العلم أن يحترز عن الأخلاق الذميمة، فإنها كلاب معنوية، وقد قال رسول الله
صلى الله عليه وسلم: لا تدخل الملائكة بيتا فيه كلب أو صورة. وإنما يتعلم الإنسان
بواسطة ملك.
والأخلاق
الذميمة تعرف فى كتاب الأخلاق وكتابنا هذا لا يحتمل بيانها.
وليحترز
خصوصا عن التكبر ومع التكبر لا يحصل العلم.
قيل: العلم
حرب [للفتى] المتعالى كالسيل حرب للمكان
العالى
قيل: بجـد
لا بجد كل مجـد فهل جد بلا جد
بمجدى
فكم من عبد يقوم مقام حر وكم
حر يقوم مقام عبد
Pelajar selalu memnjaga
dirinya daripada akhlak-akhlak yang tercela. Karena akhlak buruk itu ibarat
anjing. Rasulullah saw bersabda: “Malaikat tidak akan masuk rumah yang di
dalamnya terdapat gambar atau anjing”. Padahal orang belajar itu dengan
perantara malaikat. Dan terutama yang disingkiri adalah sikap takabur dan
sombong.
Syai’ir dikatakan:
ilmu itu musuh bagi
penyombong diri
laksan air bah, musuh dataran tinggi
Diraih keagungan dengan kesungguhan bukan semata
dengan harta tumpukan
bisakah agung didapat? Dengan harta tanpa semangat?
Banyak sahaya, menduduki tingkat merdeka
Banyak orang merdeka, menduduki tingkat sahaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar