فصل
فى النية فى حال
التعلم
FASAL II
NIAT DI WAKTU
BELAJAR
Niat Belajar.
ثم
لابد له من النية فى زمان تعلم العلم، إذ النية هى الأصل فى جميع الأفعال لقوله
عليه السلام: إنما الأعمال بالنيات. حديث صحيح.
Wajib berniat waktu
belajar. Sebab niat itu menjadi pokok dari segala hal, sebagaimana sabda nabi
saw : Sesungguhnya amal-amal perbuatan itu terserah niatnya” Hadits shahih.
روى....
عن رسول الله صلى الله عليه وسلم: كم من عمل يتصور بصورة عمل الدنيا، ثم يصير بحسن
النية من أعمال الآخرة، وكم من عمل يتصور بصورة عمل الآخرة ثم يصير من أعمال
الدنيا بسوء النية.
Dari beliau pula
diriwayatkan sebuah hadits : ”Banyak amal perbuatan yang berbentuk amal dunia,
lalu menjadi amal akhirat yang karena bururk niatnya maka menjadi amal dunia.”
Niatan Baik dan Buruk.
وينبغى
أن ينوى المتعلم بطلب العلم رضاء الله والدار الآخرة، وإزالة الجهل عن نفسه، وعن
سائر الجهال، وإحياء الدين وإبقاء الإسلام، فإن بقاء الإسلام بالعلم، ولايصح الزهد
والتقوى مع الجهل.
وأنشدنا
الشيخ الإمام الأجل الأستاذ برهان الدين صاحب الهداية لبعضهم شعرا:
فـساد
كـبير عـالم
مـتهتـك وأكـبر
منه جاهل متنسك
همـا
فتنـة للعالمين عـظـيمـة لمن
بهمـا فى دينه يتمـسك
Di waktu belajar hendaklah
berniat mencari Ridha Allah swt. Kebahagian akhirat, memerangi kebodohan
sendiri dan segenap kaum bodoh, mengembangkan agama dan melanggengkan islam
sebab kelanggengan islam itu harus diwujudkan dengan ilmu. Zuhud dan taqwapun
tidak sah jika tanpa berdasar ilmu.
Syaikhul imam Ajall
Burhanuddin Shahibul Hidayah menyanyikan syair gubahan sebagian ulama :
Hancur lebur, orang alim tak teratur
Lebih lebur, bila si jahil
ibadah ngawur
Keduanya menjadi fitnah,menimpa ganas di dunia
Atas yang mengikutinya,
sebagai dasar peri agama.
وينوى
به: الشكر على نعمة العقل، وصحة البدن, ولا ينوى به إقبال الناس عليه، ولا استجلاب
حطام الدنيا، والكرامة عند السلطان وغيره.
Dengan belajar pula,
hendaklah diniati untuk mensyukuri kenikmatan akal dan badan yang sehat. Belajar
jangan diniatkan untuk mencari pengaruh, kenikmatan dunia ataupun kehormatan di
depan sultan dan penguasai-penguasa lain.
وقال
محمد بن الحسن رحمة الله عليهما: لو كان الناس كلهم عبيدى لأعتقتهم وتبرأت عن
ولائهم.
Muhammad Ibnul Hasan
berucap: ‘andaikan seluruh manusia itu manjadi budak belianku, niscaya
kumerdekakan seluruhnya dan bebaskan dari kekuasaanku.”
Kelezatan dan Hikmah Ilmu.
[وذلك لأن] من وجد لذة العلم والعمل به،
قلما يرغب فيما عند الناس. أنشدنا
الشيخ الإمام الأجل الأستاذ قوام الدين حماد بن إبراهيم بن إسماعيل الصفار
الأنصارى إملاء لأبى حنيفة رحمة الله عليه:
من
طلب العلم للمعاد فاز بفضل من
الرشاد
فـيالخسـران
طالـبيـه لـنيل فـضل من العباد
Siapa saja telah merasakan
kelezatan rasa ilmu dan amal, maka semakin kecillah kegemarannya akan harta
benda dunia. Syaikhul Imamil Ajall Ustadz Qawamuddin Hammad bin Ibrahim bin
ismail Ash-Shoffar Al-Anshoriy membacakan kami syair imla’ abu hanifah :
Siapa saja gerangan,
menuntut ilmu untuk hari kemudian untuklah dapat keutamaan, anugrah Allah
penunjuk jalan
Aduh, saja merugi, penuntut
ilmu nan suci
Hanya buat sesuap nasi, dari hamba ilahi.
اللهم
إلا إّذا طلب الجاه للأمر بالمعروف والنهى عن المنكر، وتنفيذ الحق، وإعزاز الدين
لا لنفسه وهواه، فيجوز ذلك بقدر ما يقيم به الأمر بالمعروف والنهى عن المنكر.
Tetapi jikalau dalam meraih
keagungan itu demi amar ma’ruf nahi munkar, memperjuangkan kebenaran dan
meluhurkan agama bukan untuk keperluan hawa nafsu sendiri makadiperbolehkan
sejauh batas telah dapat menegakkan amar ma’ruf nahi munkar tersebut.
وينبغى
لطالب العلم: أن يتفكر فى ذلك، فإنه يتعلم العلم بجهد كثير، فلايصرفه إلى الدنيا
الحقيرة القليلة الفانية. (قال النبى صلى الله عليه وسلم: اتقوا الدنيا، فوالذى
نفس محمد بيده إنها لأسحر من هاروت وماروت. شعر:
هى
الـدنيا أقـل مـن الـقـليل وعـاشقـها أذل مـن الذليـل
تصم
بسحـرها قـوما وتعـمـى فـهـم مـتخـيرون بلا دليـل
Penuntut ilmu hendaknya
memperhatikan apa yang tersebut diatas. Ia telah mengatasi kepayahan yang cukup
banyak, maka jangan sampai ilmu yang telah ia peroleh itu digunakan sarana
bendahara duniawi yang hina, sedikit nilainya dan segera hancur ini. Syair
menyebutkan :
Dunia itu sedikit, dan
paling sedikit
Pecintanyapun hina, nan hina
Sihir dunia, membuat tuli dan buta
Kebingungan, tak tahu ke mana jalan
Pantangan Ahli ilmu.
وينبغى
لأهل العلم أن لايذل نفسه بالطمع فى غير المطمع ويحترز عما فيه مذلة العلم وأهله.
ويكون متواضعا، والتواضع بين التكبر والذلة، والعفة كذلك، ويعرف ذلك فى كتاب
الأخلاق
Orang berilmu itu hendaklah
jangan membuat dirinya sendiri menjadi hina lantaran tamak terhadap sesuatu
yang tidak semestinya, jangan sampai terjerumus ke dalam lembah kehinaan ilmu
dan ahli ilmu. Ia supaya berbuat tawadu’ (sikap tengah-tengah antara sombong
dan kecil hati), berbuat iffah, yang keterangan lebih jauhya bisa kita dapati
dalam kitab akhlaq.
أنشدنى
الشيخ الإمام الأستاذ ركن الدين المعروف بالأديب المختار شعرا لنفسه:
Syaikhul imamil ajall
ustadz ruknul islam yang terkenal sebagai sasterawan ternama mengemukakan
gubahan syi’irnya:
إن
الـتواضـع مـن خصال المتقى وبه التقى إلى المـعـالى يرتقــى
ومن
العجائب عجب من هو جاهل فى حالة أهو السعيد أم الشقــى
أم
كـيـف يخـتم عمره أو روحه يوم الـنوى مـتسفل أو مرتقـى
والـكـبرياء
لربـنا صـفـة له مخـصـوصة فتجـنبها واتقـى
Tata kerama, benar-benar
budi orang taqwa
Ia menanjak tinggi, dengan sikap
Ajaib, ajaiblah orang tidak tahu dirinya sendiri
Bahagiakah nanti, apa malah celaka diri ?
Bagaimana waktu meninggalkan dunia, pungkasan umur
nyawanya.
Suul khatimah, apa husnul khatimah?
Keagungan, itu khusus sifat ar-rahman
Singkirlah, waspadalah!
قال
أبو حنيفة رحمة الله عليه لأصحابه: عظموا عمائمكم ووسعوا أكمامكم. وإنما قال ذلك
لئلا يستخف بالعلم وأهله
Kepada sahanat-sahabatnya, abu Hanifah berkata :
”besarkanlah putaran serban kalian, dan perlebarlah lobang lengan baju kalian”.
ucapan ini dikemukakan agar supaya ilmu dan ahli ilmu tidak terpandang remeh.
Saran Khusus Buat pelajar.
وينبغى
لطالب العلم أن يحصل كتاب الوصية التى كتبها أبو حنيفة رضى الله عليه ليوسف بن
خالد السمتى عند الرجوع إلى أهله، يجده من يطلب العل وقد كان أستاذنا شيخ الإسلام
برهان الدين على بن أبو بكر قدس الله روحه العزيز أمرنى بكتابته عند الرجوع إلى
بلدى فكتبته، ولابد للمدرس والمفتى فى معاملات الناس منه، وبالله التوفيق.
Sebaiknya pelajar bisa
mendapatkan buku wasiat tulisan Abu Hanifah (yang tadinya) untuk Yusuf Bin
Khalid As-Simty waktu pulang kembali ketengah-tengah keluarganya. Dan buku ini
bisa didapatkan oleh yang mau mencarinya. Guru kita sendiri, yaitu Syaikhul
Imam Burhanul Immah Aliy Abu Bakar semoga Allah mensucikan ruhnya yang mulya
itu adalah juga memerintahkan kami waktu mau pulang ke daerah agar menulis buku
tersebut, dan kamipun melakukannya. Sang guru dan mufti (pemberi fatwa) bidang
pergaulan manusia, tidak boleh tidak juga memegangi buku wasiat tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar